Featured Post

Prasangka Manusia

April 02, 2013

Kadang, manusia butuh sendiri


Ada satu bahasa dalam hati kecil manusia yang hanya bisa dipahami ketika sedang Sendiri. Dialah bahasa Kesunyian.
   "Chery

Aku pernah membaca buku keren berjudul "think alone" yang ditulis oleh seorang ibu  rumah tangga biasa bernama Dianne McKliv. Aku yakin buku itu memiliki pribahasa-pribahasa keren. Tapi karna ditulis dalam edisi bahasa ingris, akupun menerjemahkan sendiri dengan kemampuan bahasa ingrisku yang pas-pasan.

Intinya buku itu membahas tentang kesendirian, kesunyian dan lebih kepada Meditasi.
Seperti yang kita tau. Manusia berasal dari sunyi. Sunyi dalam arti ketika masih berada dalam kandungan ibu, manusia adalah makhluk yang hening dan Suci. Sampai akhirnya manusia terlahir ke dunia yang ramai dan penat. Mencari KeseJatian Diri, mencari makna, dan terusmempelajari kehidupan dalam waktu yang terbatas.
Selalu Akan ada kalanya manusia yang hidup di keramaian, akan kembali pada Sunyi, akan kembali pada hening. Dalam arti kematian akan membawa manusia pada kesendirian di alam kuburnya.

Lantas diantara asal manusia (dalam rahim) dan diantara akhir hidup manusia (dalam kubur) semuanya adalah hening dan sepi. Apakah di saat hidup manusia harus melupakan hening dan sepi.

Tidak. Dalam hiduppun hening dan sepi dibutuhkun untuk tetap menjaga ketenangan, melatih kesabaran, dan pastinya berbicara pada diri sendiri.