Featured Post

Kecanduan

July 03, 2014

Puasa


Di hari kelima di bulan puasa kali ini, enggak banyak yang bisa gue lakukan selain leha-leha dirumah.
Berhubung, Mungkin orang tua telah menganggap gue sudah cukup dewasa untuk beribadah dengan bijak. Gue enggak diuber-uber banget seperti bulan puasa tahun-tahun kemaren.
Yang biasanya gue digeret-geret kalau bangunin sahur, sampe diomelin panjang lebar buat berhenti nonton TV dan sholat. Sekarang gue lebih diperingatkan aja, supaya tidak lupa sholat dan ngaji banyak-banyak.
Gue fikir cara seperti ini jauh lebih efektif buat didik rasa tanggung jawab pada diri seorang anak. Khususnya tanggung jawab pada diri sendiri.
Ya.. Walaupun gue enggak bisa dikategorikan sebagai anak-anak lagi.

Tapi untuk para orang tua, ingatlah. Seorang anak yang selalu dipaksakan untuk melaksanakan segala sesuatu. Termasuk melaksanakan ibadah, adalah hal yang tidak baik. Oke mungkin si anak  akan menurut karna rasa takut dimarahin atau lainnya. Tapi sampai kapan!
Ada baiknya sih. Inipun kalau para orang tua mau, ada baiknya segala kebaikan termasuk melaksanakan ibadah. Dicontohkan sendiri oleh para orang tua. Lalu ajak anak dengan baik-baik melaksanakan kebaikan. Mungkin si anak agak susah diajak awal-awalnya. Tapi sampai kapan!
Pasti ada waktunya kan si anak akan berfikir "ah iya ya. Yang dibilang mama sama papa gue bener".
Dan jadilah si anak beribadah dengan ikhlas tanpa paksaan.
Ya, kira-kira begitue..

Oya, ngomong-ngomong gue juga ngerasa banyak banget hal yang berbeda dibulan puasa gue kali ini. Yang pertama gue menjalani puasa tanpa kehadiran seorang kakak.
Emang sih di tahun kemaren juga kakak udah enggak puasa bareng sama kita dirumah ini. Kakak sudah menikah dan otomatis tinggal sama suaminya. Tapi tahun ini terasa sekali bedanya.

Biasa kalau sahur kakak yang nyiapin makanannya dan gue buat teh. Dan kalau buka puasa kakak yang nyiapin kue dan gue tetep buat teh.  Jadi bulan puasa kali ini gue yang nyiapin makanan, dan juga buat teh. Tetep.
Selain soal buat teh. Gue juga jadi enggak punya temen kalau mau sholat ke masjid. Emang sih di masjid banyak temennya. Tapi dulu, kalau ke masjid gue sering pergi bareng sama kakak. :(

Dan hehe.. Jadi malu nih.. Hehe
Bulan puasa kali ini gue lagi CLBK. Hehee
Iya, gue kembali deket sama cowok yang dulunya pernah gue pacarin, tapi tiba-tiba kita saling menjauh gitu aja.

Jadi gini. Ehem.
Waktu masih sekolah, tepatnya waktu tahun-tahun awal kenaikan kelas XII aliyah. Gue ketemu seorang anak manusia. Ya iyalah, masa anak curut.
Anak manusia itu namanya NUR IAINI RAMADHAN. Gue suka sejak pertama kali gue kenal namanya. Karna ya, lo tau dulu gue begitu tergila-gila sama seseorang gitaris namanya'rama'.  Dan gue pengen punya pacar namanya rama.
Hal yang enggak gue sangka, enggak gue duga. Ternyata rama juga suka sama seorang anak manusia bernama Ceri, dan itu adalah gue.

Dan kita jadian lewat sms, setelah merasa cukup cocok satu sama lain. Gue lupa kronologisnya seperti apa. Karna kejadian itu sudah terjadi cukup lama. Tapi intinya itu adalah cara pacaran terAneh yang pernah ada. Kita enggak pernah ketemu. Walau itu malam minggu, ataupun malam jumat. Padahal jarak rumah kami tidak terlalu jauh. Jika ditempuh dengan jalan kaki, mungkin tak kurang dari  4menit.
Tapi entah kenapa kami tidak pernah ketemu.

Dan gue. Gue terlalu keseringan menunda membalas setiap Sms yang dikirim rama.  Kadang setelah 3sms masuk baru gue balas, dan kadang dalam seharipesan-pesan yang dikirim rama -samasekali enggak gue balas. Gue enggak tau kenapa, gue merasa bosen mungkin, setiap smsnya selalu menanyakan hal yang sama seperti "lagi ngapain?" atau "sudah makan?"

Gue gak mau balas terus-terusan. Karna kalau gue lagi ngapain, gue ngerasa gak harus memberitahukannya pada orang-orang setiap waktu. Kalau gue lagi mengerjakan hal positif sih gak masalah misalnya "gue lagi belajar nih" atau "gue lagi mau sholat nih". Nah, tapi kalau gue lagi ngerjakan hal yang enggak banget seperti "gue legi boker nih" atau "gue lagi ngiler nih". Lha kan gak enak.
Lagipula makan itu adalah kebutuhan dasar setiap manusia, kenapa harus selalu ditanya sudah makan atau belum. Kalaupun sudah apa masalahnya, dan kalaupun belum pasti nanti gue juga akan makan. Gue juga tau kalau orang yang tidak makan bisa sakit, bahkan mati.

Gue selalu menunggu sms lain yang bertanya diluar pertanyaan lagi ngapain dan sudah makan itu. Tapi ternyata rama enggak pernah mengirimkannya. Sampai akhirnya rama bertanya "kenapa sms ku jarang kamu balas?" dan karna gue gak tega bilang bosen. Gue bilang sama dia "GK TW". Gue harap sih dia tau kenapa. Tapi dia tanya lagi "kamu maunya apa" dan gue bales lagi "GK TW".

Mungkin  gara-gara kata GK TW itu dia jadi makin jarang Sms gue, dan gue yang waktu itu terlalu sibuk ikut tes menjelang Ujian Naional. Sempat lupa kalau gue punya pacar.
Tapi kita enggak pernah ngucapin kata putus, bubaran atau 'kita udahan aja' seperti  yang difilm-film.  Kita makin saling menjauh dan menghilang begitu saja.

Kisah cinta yang aneh ini, biarlah jadi rahasia alam semesta.

Tapi inilah keajaiban bulan puasa kali ini. Gue sama rama kembali berhubungan. Tapi itu via sms tentunya. Gue masih jomblo,rama juga begitu.
dan Rama tetep enggak mau datang kerumah gue.

Meski jauh dilubuk hati ini masih ada sedikit rindu buat dia.