Featured Post

Kecanduan

August 16, 2014

Bisnis yang berawal dari hobi


Jangan pernah sekalipun meremehkan hobi. Terbukti banyak pengusaha sukses berawa dari hobi. Mulai dari hobi memasak,  membuat kerajinan, menulis, hingga memelihara binatang.
Jika kita memiliki hobi, Kenapa tidak mengembangkannya menjadi bisnis yang menguntungkan?


Hobi boleh dibilang sebagai sebuah pemenuhan kebutuhan batiniyah untuk melepaskan diri dari kejenuhan karena rutinitas sehari-hari. Karna sifat yang berlaku dalam soal hobi adalah kesenangan yang tak terhingga. Maka, ketika hobi dibawa kewilayah bisnis, kerap kali berjalan dengan baik.
Hal ini lantaran karena salah satu kesuksesan berbisnis adalah senang bekerja.
Yang pasti juga dibutuhkan kesungguhan, baik dalam menjalankan usaha, maupun mengembangkannya.

Sebab, biasanya orang cenderung melakukan hal yang terbaik untuk kegiatan yang disukainya. Itu pula yang menentukan keberhasilan yang optimal.
Hobi yang dilakukan dengan tujuan awal melepas kejenuhan, kemudian malah menghasilakqn uang tentunya menjadi bonus yang sangat menyenangkan.

Ketika akan memulai bisnis, langkah awal adalah  satu upaya paling berat untuk dilakukan. Akan tetapi bukankah hal-hal besar itu berawal dari upaya-upaya kecil yang berkesinambungan?
 Lantas apa yang harus dilakukan agar hobi kita menjadi bisnis?

1.       Luangkan lebih banyak waktu untuk mendalami hobi
Dengan demikian akan lebih banyak hasil karya berkualitas yang kita hasilkan dan pahami detail persoalannya. Hasil karya yang berkualitas itu tentunya akan meningkatkan nilai jual produk yang kita geluti tersebut. Terlebih jika produk kita memiliki pesaing, tentunya produk kita harus memiliki nilai lebih dibanding produk sejenis.
Setidaknya hasil karya kita mampu bersaing dipasaran. Seteleh kualitas yang dihasilkan sudah dianggap cukup, selanjuutnya tingkatkan produktifitas. Jika prospeknya ingin dijadikan barang komoditas, maka upayakan untuk selalu meningkatkan produktifitas produk.
 
2.       Menambah keterampilan terus menerus
Perkaya pengetahuan tekhnis yang berkaitan dengan hobi kita. Hal ini bisa dilakukan melalui buku, internet, majalah, dan berbagai media informasi lainnya. Atau bisa juga lewat seminar dan pelatihan-pelatihan.

3.       Akses ahli (mentor) yang berkaitan dengan hobi yang kita tekuni
Upayakan belajar langsung dari orang-orang yang sebelumnya terbukti sudah sukses menjalankan hobi yang sekligus dijadikan peluang bisnis. Jadikan mereka mentor. Bergaul dengan orang yang sukses akan membuat  kita belajar bagaimana cara menjadi sukses secara cepat.
Belajar dari mentornya langsung, agar kita mengetahui bagaimana cara menghasilkan karya yang baik.
 
4.       Bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan hobi kita
Ada banyak manfaat yang bisa kita dapat dengan mengikuti perkumpulan, antara lain:
-mendapat informasi perkembangan terbaru tentang hobi
-mempelajari cara meningkatkan peluang bisnis
-mendapatkan calon pelanggan
-memperoleh promosi gratis
-serta memperluas jaringan  kerja.
 
5.       Realisasikan hobi jadi peluang bisnis
Langkah  awal yang harus dilakukan adalah buatlah rencana usaha sebelum memulainya. Bagaimana sistemnya? Dimana lokasinya? Kapan akan dimulai? Dan sebagainya.
Tawarkan hasil karya kita, dari satu tempat ke tempat yang lain. Tentu saja,diharapkan kita tidak mudah putus asa jika produk yang kita tawarkan ditolak.
Manfaatkan peluang dengan cara menawarkan orang-orang terdekat untuk menjadi konsumen awal. Cara ini juga bisa membantu mengatasi kesulitan modal. Karena mereka bisa diminta membayar sebagian di muka, sebelum pesanan dibuat dalam jumlah yang lebih banyak.

Pada akhirnya semua kembali pada pilihan kita masing-masing, sebab tidak semua orang beruntung memiliki hobi yang berpotensi menghasilkan uang. Tapi bukan berarti tidak mempunya hobi, menutup kemungkinan untuk membuka usaha.sebab, ada banyak sumber bisnis lainnya yang bisa kita lakukan.

Kuncinya adalah cintai apapun yang anda pilih. Dengan melakukan pekerjaan yang dicintai, anda akan bekerja selayaknya melakukan hobi.

$chery