Featured Post

Come and Go

August 18, 2023

Ngomongin tentang Kesehatan

Siapa sih yang gak ingin hidup sehat dan berumur panjang.

Berbagai carapun dilakukan mulai dari berolahraga, konsumsi suplemen tambahan, sampai ada yang oprasi plastik demi menunda penuaan.

Padahal, hal itu hanya berefek di permukaannya saja.

Yang lebih penting adalah bagaimana cara kita menangkal Radikal bebas dan menjaga keseimbangan imun tubuh.

Tentu saja Konsumsi makanan sehat dan seimbang, adalah salah satu cara memerangi radikal bebas yang bisa merusak tubuh dari dalam.


Menjaga kebugaran tubuh sejak dini juga dibutuhkan, agar kualitas kesehatan tetap terjaga sampai usia senja.


di Zaman ini, pola makan yang tidak memperhatikan gizi dan serba instan turut mengakibatkan munculnya penyakit degeneratif

seperti Jantung, Kanker, kencing Manis, Rematik dan banyak lagi penyakit lainnya.


Lingkungan sekitar yang turut menyumbangkan Polusi, dan pencemaran lingkungan, menambah daftar resiko penyakit yang diakibatkan Radikal bebas dalam tubuh.

Tanpa disadari paparan radikal bebas secara terus menerus dapat merusak sistem metabolisme tubuh, peradangan dan alergi yang timbul dari luar tubuh.


Untuk itu sangat dibutuhkan pola keseimbangan dalam mengatur kesehatan tubuh.

Dimulai dari makan-makanan yang bergizi seimbang. Seperti saran Nabi Muhammad agar selalu makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.

Terbukti dapat memelihara keseimbangan organ tubuh. Mengkonsumsi apapun tidak secara berlebihan, walaupun vitamin sekalipun.

Kebiasaan baik yang dimulai dari hal kecil seperti tidak merokok, tidur cukup, mengelola emosi agar tidak mudah stress, tidak mengkonsumsi alkohol, diet sehat,

dan bila perlu melakukan pemeriksaan rutin, untuk mengontrol kesehatan.


Suplemen dan Vitamin yang beredar di pasaran juga boleh dikonsumsi sesuai kebutuhan. Tapi Apapun jenis suplemennya, tidak bisa menggantikan nutrisi makanan kita.

Tetap dibutuhkan makan sayur dan buah, protein dan lemak hewan. karna suplemen hanya bersifat 'penambal' daya tahan tubuh.

Suplemen juga tidak difungsikan seperti obat-obatan kimia, yang bisa menyembuhkan penyakit.

Hanya saja, jika dikonsumsi secara benar, suplemen dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit bagi mereka yang terkena penyakit 'berat' ataupun 'ringan'.