Featured Post

Kecanduan

August 12, 2013

Opo iku Namorambe ?

    Kalau kenalan sama temen baru dan nanya dimana aku tinggal. Maka aku akan bilang aku tinggal di desa Namorambe. Dan biasanya mereka akan nanya balik 'dimana itu N-a-m-o-r-a-m-b-e ?'

    Ya, jadi namorambe adalah nama sebuah kecamatan, Kabupatennya Deli serdang. Perbatasan antara kota dan desa. Tepatnya terletak di tengah kota medan, Sumatra utara, INDONESIA.

    Aku sendiri  terlahir di karya kasih, tak jauh dari namorambe. sampai akhirnya aku tumbuh dewasa hingga kini di Jatikesuma namorambe.

    Kalau suatu hari kamu mau main ke namorambe. Mungkin kamu bisa singgah kerumahku. Asal datang secara baik-baik maka kamu akan disambit  disambut baik-baik oleh orang rumahku.
    Di desa namorambe ini kita gue aja kali bisa nemuin banyak tempat seru. Kalau mau lihat pemandangan, kita bisa pergi ke lahan persawahan.

     
     Memang tak seindah negri cina, tapi sawah-sawah disini cukup asri dengan padi-padi hijaunya kok.
    Udaranya cukup untuk mengisi kantong paru-paru dengan kesegaran.

    Trus buat kamu-kamu yang suka mancing, disini ada banyak kolam pancing ikan. Kamu bisa bawa joran dan mancing sepuasnya. Tapi inget! kalau udah selesai harus bayar 10ribu sekilo. 
    hueuhueuh

    Dan buat yang suka ke Pemandian Alam. Nah, pas banget di Namorambe kamu bisa nemuin banyak aliran sungai. Mulai dari yang airnya dangkal, sampai yang airnya jeruh (baca:dalam) di kota medan namorambe udah terkenal dengan koleksi pemandian alamnya. Selain karna keindahannya, beberapa lokasi pemandian alam ini menyediakan rumah esek-esek.  Ya, tau sendirilah itu rumah apaan?























    Ini  aliran sungai paling gratisan yang pernah ada dinamorembe. Kamu bisa mandi mandi di sini tanpa keluar uang sepenserpun. orang nyebutnya pante bokek.
     emeziing...

    Tapi maklum saja dengan kondisinya. Kalau musim hujan airnya bisa keruh.

    Oiya, kalau punya waktu luang kita bisa ngebolang ke ladang konco-koncoku. Kebetulan di desa jatikesuma (seputaran namorambe ) mayoritasnya orang jawa semua. Kamu bisa nemuin orang-orang yang ramah, yang kalau Cuma duduk ngobrol-ngobrol bisa ditawarin makan.

    Tapi hati-hati sama tumbuhan ini.

    Bunga tai lincung banyak tumbuh di jatikesuma.
    Secara fisik memang seperti bunga biasa, warnanya juga beraneka. Tapi kalau kamu petik, sesuai namanya maka tangan kamu akan bau tai lincung. Ya, bau itu gak akan hilang sebelum kamu cuci pakai Rinso.

    **
    Waktu jaman aku kecil, aku sering banget main ke ladang. Kalau siang udah terik panas aku dan konco-konco pada nyebur di parit. Tapi jangan salah, walau namanya sama seperti got, tapi parit yang ada di ladang airnya jauh lebih jernih. Biasanya buat irigasi sawah. Meski tak jarang 'si kuning ngambang' ikutan anyut ntah dari mana.
    Kalau mandi di parit biasanya kami Cuma pake celana dalem aja. Selain karna gak bawa ganti, waktu itu kami belum punya malu. Cewek sama cowok gabung di satu kerengan.
    -kerengan itu semacam bak kecil tempat penampungan air deket pancuran-
    Kalau inget kenangan dulu aku suka malu sendiri, apalagi kalo ketemu sama temen yang dulu suka mandi bareng di parit.
    Karna sekarang sama-sama udah dewasa. Aku sering bertanya kapan bisa mandi bareng kayak dulu lagi.

    Dan kalau udah selesai mandi, biasanya kami jalan-jalan ke kebon salak, kebon ubi, kebon jambu, kebon jeruk juga. Meskipun gak tau itu kebon siapa, kami sering ngambil buahnya buat dimakan dijalan.
    Kalo yang ngambil orang gede pasti kami diteriakin maling.
     hihii

    Pokoknya Namorambe adalah desa yang indah buatku. Di sini orang-orangnya sederhana. Anak-anaknya seru seru, mamak mamak sama bapak-bapaknya juga baik hati semua.

    HAHA HA (ketawa bangga jadi anak kampung)

    Aku juga agak bingung sih karna nulis disini. Awalnya aku promosiin apa-apa yang ada di desa namorambe dan eh, sekarang malah curhat masa kecilku di namorambe.

    Intinya kalau suatu saat kamu main ke namorambe dan nemuin cewek jelek kayak gini.

    aku
    Kamu gak usah takut. Cewek ini masih jomblo kok, dia udah lulut jadi gak suka makan orang.
    Dan  Mungkin dia juga akan seneng ketemu sama kamu.

    'hehe dah dulu ya..
    "salam Namorambe