Featured Post

Kecanduan

May 30, 2013

inilah tujuan saya menulis

    Suatu hari -beberapa minggu lalu- saya bertemu seorang teman bernama yuga dari jejaring sosial. yuga melihat halaman depan situs saya dan ketika itu dia menemukan alamat blog saya ini.
    Tanpa sepengetahuan saya dia lalu membaca halaman blog saya yang dianggapnya menarik. Ya, sebagai pengguna internet saya merasa sangat berterimakasih pada yuga -dan siapapun- yang mau membaca blog yang kurang berbobot ini.

    lalu ketika malam hari saat saya dan yuga sedang online, kami chatting dan mulai berkenalan. Kamipun mulai mengobrol banyak Sampai akhirnya yuga mengomentari salah satu isi blog saya yang dianggapnya sebagai Hoax atau spam.
    Ya, saya mengerti kenapa dia mengatakan itu. Karna ketika menulis catatan itu pikiran saya benar-benar sedang emosi dan marah. Memang kata-kata itu tidak terlalu kasar, tapi mungkin buat yuga tulisan itu menyinggung perasaannya.
    Sayapun mencoba menjelaskan pada yuga maksud tulisan itu, tapi yuga tetap tak terima dan malah menantang saya berdebat. Sebenarnya tidak masalah jika saya harus berdebat saat itu, tapi karna topik yang harus diperdebatkan bukanlah topik yang menarik, Akhirnya saya mengabaikan yuga.
    Lalu yuga ngomel2 di inbox saya, saya kesal dan rasanya tak ingin berurusan apapun dengan yuga. Buat saya yuga hanya orang asing yang konyol.
     Akhirnya saya memutuskan pertemanan dengan yuga di jejaring sosial lalu saya menghapus posting blog saya itu.

    Setelah pengalaman diajak berdebat itu, saya lalu berfikir 'apa tujuan saya menulis di blog selama ini?'
    lalu setelah memikirkannya seharian. sayapun menemukan jawaban bahwa selama ini saya menulis blog sebagai 'catatan hidup' untuk diri saya sendiri.

    Dalam arti, selama ini saya menulis blog bukan karna permintaan dari orang lain, bukan karna tuntutan sesuatu dan bukan karna ingin dibaca orang lain.  Melainkan karna saya ingin menulis dan menyimpan catatan yang pernah muncul dalam pikiran saya ke dalam sebuah link blog saya sendiri.

    Sejak jaman sekolah saya memang sering menulis di buku dan diary pribadi. Tapi karna buku yang sifatnya tidak abadi, akhirnya saya membuat blog sebagai ganti buku tulis. Karna saya berharap blog ini akan bertahan lebih lama.
    Maksud saya, jika selama ini menulis di buku. Banyak buku lama saya yang sudah tertumpuk rusak, mulai dari tulisan mata pelajaran sekolah sampai tulisan curhat dan isi pemikiran- yang akhirnya kusam dan rusak termakan waktu-. Buku itu dengan terpaksa harus dibuang dan dijual ke tukang loak.
    Memang ada beberapa buku yang masih bagus, tapi cepat atau lambat tulisan di buku itu akan rusak juga dan aku akan membuangnya juga karna harus diganti dengan buku baru.

    Dan jika hanya lewat buku, mungkin ilmu yang ada hanya akan kunikmati sendiri jika ku membacanya. Berbeda dengan menulis di blog, kalaupun aku hanya iseng bercerita. Setidaknya di luar sana ada seseorang yang sedang membaca tulisanku dan ikut memahami isinya.




    Jadi intinya. Saya menulis di blog sebagai bagian dari kenangan hidup dan takaran kemajuan saya -sejauh apa perkembangan saya dalam menulis- ketika saya membacanya kembali. Saya hanya berharap semoga apapun isi yang pernah tertulis disini. Tidak akan ada yang tersinggung dan ter Spam.
    Karna Sejujurnya saya menulis blog hanya untuk diri saya sendiri. Seandainya saya lupa, biarkan blog ini yang mengingatkan saya.
    Dan kalaupun orang lain membaca blog ini dan menganggap isinya bisa berguna mungkin itu sebuah bonus buat saya.
    Terimakasih