Featured Post

Kecanduan

January 25, 2014

Cara cari waktu untuk Nulis


"Susahnya cari waktu buat nulis" Mungkin ini adalah masalah yang dialami hampir  oleh semua penulis.
Kadang, di kepala ini udah tertata kata-kata yang mau kita tulis. Udah terbayang cerita apa yang mau dituangkan. Tinggal diketik beres. Semuanya selesai. Semuanya senang.

 Tapi sayangnya, selalu saja ada hal-hal yang menghalangi. Entah apapun itu, yang pasti Sesuatu yang membuat kita menunda atau bahkan malah enggak jadi buat nulis.  Arrgghh..

Ya, Saya juga sering merasa begitu, walau saya hanya penulis amatiran.  Saat begitu bernafsunya ingin menulis, karna menemukan sebuah solusi, atau topik dan pikiran yang menarik. E ntah karna sedang ada pekerjaan, atau aktifitas dan lain-lain. Hingga saya tidak sempat menulis.
hingga, ide itu hilang sebelum sempat dituliskan.
 
Dan kampretnya itulah hal yang  acapkali terjadi pada saya kalau mau nulis, (ngetik).
Entah kenapa setiap ada kejadian walau seremeh dan sekecil apapun, kalau yang terjadi itu menarik perhatian. Maka seketika akan muncul satu judul topik dikepala saya. topik itu ingin segera saya tulis, hari itu juga. Tapi sayangnya karna kesibukan lain, kadang judul itu sampai hilang dari kepala dan tidak jadi  tertulis.

Akhirnya sayapun mencari solusi. Dan menemukan satu jawaban simpel dari seorang penulis idola saya bernama Ippho. Ipho bilang begini, "jika ingin memasukkan batu besar dan kecil ke dalam sebuah ember.  Masukkanlah lebih dulu batu-batu yang besar, maka batu-batu yang kecil bisa ikut masuk menyelip diantara celah ember dan batu besar. Tapi jika kita memasukkan batu-batu kecil lebih dulu, maka batu besarnya tidak akan muat masuk ke ember,karna batu kecilnya sudah memadat di bawah ember".

So,apa artinya itu?
Mungkin maksudnya ippho.jika ada sebuah pekerjaan yang besar (penting) dan pekerjaan kecil (tidak begitu penting), maka kerjakanlah lebih dulu pekerjaan yang besar. Maka otomatis pekerjaan yang kecil-kecil bisa menyelinap kita lakukan di tengah-tengah pekerjaan yang besar.

Seperti menulis. Jika kita menganggap menulis itu penting,maka jika kita tidak pernah berusaha meluangkan waktu. Maka kita tidak akan pernah punya waktu untuk menulis.
Kita sendirilah yang membuat waktu untuk menulis seperti itu.

Dan diantara tugas-tugas penting seperti memasak dan mencuci baju. Lakukanlah itu terlebih dulu, lalu lakukan pekerjaan yang remeh seperti menonton TV atau mendengarkan music.

oke, semoga bermanfaat tulisan saya ini.

 
thanx ipho