Featured Post

Kecanduan

January 28, 2014

Antara sepi dan sendiri

Kesepian adalah keadaan dimana seseorang  tidak memiliki teman, tapi dia ingin teman. Sedangkan sendirian adalah keadaan dimana seseorang tidak menginginkan teman, dan dia memang tidak punya.

Itu artinya seseorang yang kesepian, dia sedang  berada di posisi sedang merasa tak memiliki sipapapun. Mungkin untuk diajak bercerita, diajak jalan, atau hanya sekedar menemani. Orang yang kesepian cenderung merasa kasihan pada dirinya sendiri. Karna dia merasa kasihan pada dirinya yang sendiri, maka dia menyebut dirinya kesepian. Rasanya mungkin hampa.

Dan seseorang yang sendiri belum tentu merasa kesepian. Orang yang menginginkan kesendirian, dengan sengaja menyepi dari orang-orang agar bisa merasakan sendiri.  Orang yang seperti ini memiliki kedamaian pada keheningan, dan kebebasan tak terbatas dari dunianya sendiri. Dan orang yang suka sendirian cenderung lebih mandiri.

 Tapi jika terlalu menyendiri, terkadang seseorang lupa pada kodratnya sebagai makhluk sosial, karna terlalu memantingkan dirinya sendiri. Dirinya akan menjadi masa bodoh -tak peduli dengan orang lain. Bahkan cenderung tertutup, sulit membuka diri kecuali pada orang-orang yang dekat dengan mereka.