Featured Post

Come and Go

October 29, 2023

Keluarga Mu

 Today, Setelah 3 tahun lebih menjalin hubungan pernikahan.
Aku bertemu dengan abang tertua dari suamiku. Orang yang bahkan tidak menampakkan ujung hidungnya di hari pernikahan kami.

Hari ini mereka datang kerumah, melihat rumah ibunya yang sudah lama mereka tinggalkan, yang saat ini sedang kami tempati.
Jauh datang dari sigli/pidie Aceh ke medan, karna menghadiri acara pernikahan anak oncu (saudara dekat ibu mertua).

Memang selama ini, aku tidak terlalu mendekatkan diri dengan saudara-saudara suamiku.
Bukan karna sombong dan tanpa alasan.

Sewaktu kami ngobrol santai, suamiku bilang sendiri jika baginya saudara bukan 'hal penting' dalam hidupnya. Karna setelah ibunya meninggal dunia, dia hidup sebatang kara tanpa mengharapkan sanak saudaranya, sedikitpun.

Segalanya dia upayakan sendiri. Bahkan saat memutuskan untuk menikah denganku, saudaranya hanya berfungsi sebagai 'atribut' tanpa ada campur tangan apapun dalam proses pernikahan kami.

Aku tidak menyesali, ataupun mengungkit, tapi fakta bahwa saudaranya tidak memberikan apapun berupa 'benda' sebagai penghargaanku sebagai perempuan. itu sudah cukup kuanggap sebagai 'penghormatan ' tersendiri di hidupku.

Dalam kata sederhana, ketika menikah dengan suamiku, aku tidak pernah menuntut apapun. sepenserpun uang ataupun perhatian.
Karna itu dikehidupanku setelah menikah, maka sebagai bentuk 'penghormatanku' aku tak mau jika keluarga atau saudara suamiku menuntut sesuatu dari ku.

Naluriku sebagai manusia, tak akan sudi diperlakukan seenaknya. Karna ketika ingin mendapatkanku juga tak diupayakan, hanya diperoleh dengan mudah saja.

=-=
Semakin mengenal dan dekat, lama-lama aku juga paham sendiri. Apa Porsiku dan kedudukanku di mata saudara dan keluargamu.

Aku tak perlu terlalu dekat, dan Cukup saling menyapa seadanya saja.
Di dunia suamiku hanya aku yang penting. Begitupun di Duniaku.

Lingkungan yang nyatanya penuh dengan asap rokok diantara ibu-ibu, Nada Suara keras, Bahasa tak terdidik. Sudah CUKUP. Cukup tau saja.
 Aku serasa berada di antara keluarga Mafia.

Kelinci yang baru saja masuk kandang jaguar. Ada baiknya diam, sembunyi dan Waspada saja.