Featured Post

Kecanduan

June 14, 2014

GAK MASUK Cuma dangdut jadul sama lagu daerah


Salah satu hobi tergila yang tak akan terlepas dari hidup  saya adalah 'kesukaan saya mendengarkan musik. Ya, saya ulangi sekali lagi SAYA SANGAT SUKA MENDENGARKAN MUSIK.

Hampir setiap hari saya mendengarkan musik. Dan frekuensinya dalam 24 jam paling sedikit adalah 15 menit -saya akan sisakan waktu dalam hidup saya untuk mendengarkan musik.

Saat beraktifitas sehari-hari saya akan menghidupkan mp3  di handphone, saat nonton Tv saya cari acara musik, saat sebelum tidur saya mendengar siaran Radio, dan saat sedang bad mood, maka satu-satunya obat mujarab saya adalah mendengarkan musik.

Dan mungkin karna alasan ini pada akhirnya saya jatuh cinta pada genre musik Metal Hardcore.

Saya pernah dengar kata-kata ini dari teman saya  "jika semua jenis musik telah masuk kedalam telinga dan kita menyukai musik-musik itu, maka pada akhirnya kesukaan kita akan bermuara pada musik metal". Ya saya setujah sama teman saya.

Karna bagi saya tidak ada musik yang buruk. Yang ada hanya musik yang  tidak sesuai selera. Bahkan lagu yang tidak bermakna seperti lagu -lagunya Kuburan band. Tetap bisa dinikmati oleh kalangan tertentu, yang menyukai jenis musik mereka.
(maaf,kuburan band hanya contoh. Kalau tidak percaya dengarkan lagu mereka :/)

Dan karna saya mendengarkan segala jenis genre. Maka secara otomatis otak saya bisa menilai, penyanyi-penyanyi mana yang bersuara ‘bagus’ dan mana yang suaranya ‘kurang bagus’. Dan skill dalam memainkan alat musik juga otomatis saya mengetahui yang mana yang benar-benar musisi dan yang mana yang 'masih' sedang belajar jadi musisi. Seorang musisi sungguhan adalah mereka yang mampu memainkan musik orisinil. Jauh diluar kepala mereka.

Dan saya pernah membaca bahwa jenis genre yang tekhnik permainan musiknya paling susah didunia adalah musik Rock, Metal, Hardcore dan sebangsanya. Karna meski terkdengar  seperti musik yang ngasal dan ribut -Tapi skill musiknya yang paling ribet. Susah. Karna itu orang yang bisa memainkan alat musik, belum tentu bisa memainkan genre Musik Metal.
Tapi tidak begitu sebaliknya, Karna seorang yang bermusik di genre Metal, biasanya selalu mudah memainkan genre musik lain, apapun itu termasuk dangdut.

Dan jika kamu punya teman yang menggilai Musik Metal, coba tanyakan'suka jenis musik lain tidak?'
Ya, biasanya mereka akan terbuka pada musik diluar Metal.  Sebab Metal itu yang teratas.
Dan coba tanya pada mereka yang suka musik dangdut,pop, mello dan sebangsanya 'suka musik Metal tidak?'.
Dan ya, biasanya mereka akan menjawab tidak. Karna mereka belum teratas.

Anak metal banyak yang dangdutan juga. Tapi anak dangdut mana ada yang Metalan.

Dan karna saya mendengarkan semua jenis musik. Maka sayapun menyukai hampir semua jenis musik yang ada. Bahkan kebanyakan lagu yang saya dengar bukan lagu indonesia.  Maaf, bukannya tidak suka produk indonesia. Karna saya fikir industri musik di indonesia terlalu mengeksplor lagu cengeng.
Dan karna saya tidak suka meneteskan air mata, maka saya berhenti mendengar lagu cengeng.

Tapi buat musisi indonesia dalam bentuk band seperti Slank, the S.I.G.I.T, Boomerang, S.I.D, Paintful by kisses, Nidji, dan Bondan Prakoso ft 2Black. Bagi saya mereka adalah orang-orang yang terlahir  memang untuk bermusik. Mereka hebat. Kemampuan mereka tidak diragukan lagi, meski  berasal dari dalam Negri -saya mencintai karya mereka.

Memang ada beberapa penyanyi yang tidak bisa menyanyi dengan bagus, tapi mereka bisa bernyanyi dengan enak.
Eh, beda loh bernyanyi dengan bagus dan bernyanyi dengan enak. Karna orang yang bernyanyi dengan tekhik, belum tentu enak didengar.

Dan setelah saya melalang buana, membiarkan musik apapun masuk ke telinga saya.
Maka Pada akhirnya saya berkesimpulan semua jenis musik  adalah Bagus. Tergantung siapa yang mendengarkan, dan siapa yang  memainkan musiknya.
Karna walau hanya sebuah lagu tidak penting, jika sudah tercipta. sebelum rekaman, pasti para pemusik itu telah memikirkan apakah lagu itu akan laku atau tidak. Lagipula mereka telah menciptakan sebuah lagu dengan susah payah.

kalau kita tidak bisa memainkan musik seperti mereka, kenapa harus komplain dan ngatain "ieh, Musik apaan nih?"

Eh tapi ngomong-ngomong, kenapa kalau denger lagu dangdut yang jadul  dan lagu-lagu daerah, telinga saya tidak betah.
Apa mungkin karna tidak biasa saja ya?